BRANCH OFFICE BANDUNG

BRANCH OFFICE BANDUNG
JL. WR. SUPRATMAN No. 21 BANDUNG

Kamis, 23 Juli 2015

Parlemen Yunani Setujui Paket Reformasi

Parlemen Yunani menyetujui serangkaian program reformasi yang dituntut oleh kreditor internasional, membuka jalan untuk negosiasi dana talangan yang amat dibutuhkan negara itu.

Alexis Tsipras Lewat hasil voting 230 banding 63, para pembuat kebijakan mendukung langkah Perdana Menteri Alexis Tsipras menjalankan pembenahan struktural. Tsipras kembali mendapat pertentangan dari partainya sendiri Syriza, tapi tidak mengalami kesulitan meloloskan rancangan legislasi karena mendapat dukungan partai oposisi yang pro-Uni Eropa.

Program reformasi, seperti kenaikan pajak dan pemotongan anggaran, merupakan syarat yang ditetapkan sebelum Yunani bisa negosiasi dengan kreditor untuk mengucurkan bailout ketiga yang bernilai 85 miliar euro. Kegagalan menyetujuinya menghilangkan kesempatan Yunani mendapat bantuan finansial yang dibutuhkan agar tidak bangkrut dan keluar dari zona euro.

Berpidato sebelum voting, Tsipras mengatakan reformasi merupakan konsekuensi penting yang harus dilakukan agar tetap bisa hidup setelah pembicaraan selama berbulan-bulan tak menghasilkan apapun.

Menurutnya, persetujuan ini memberi Yunani ruang bernapas dan meredakan spekulasi bahwa negara itu akan terpaksa hengkang dari zona euro.

Dengan persetujuan ini, negosiasi bisa segera berjalan. Pemerintah berharap pembicaraan bisa rampung sebelum 20 Agustus, di mana Athena harus membayar utang 3 miliar euro ke ECB. Kemarin, ECB menyediakan suntikan dana ke perbankan Yunani dan menambah bantuan likuiditas sebesar 900 juta euro.

Dengan bantuan ekstra ini, maka perbankan Yunani bisa beroperasi kembali secara normal.

Tidak ada komentar: